detiknews - detiknews

Powered By Blogger

Sabtu, 05 April 2008

AGLAONEMA







Aglaonema atau yang biasa disebut orang Cina sebagai Chinese Evergreen, di Indonesia, dulunya lebih dikenal sebagai Sri Rejeki. Thailand yang terkenal di bidang hortikultura berhasil mengembangkannya melalui penyilangan dan menghasilkan variasi warna daunnya dan karena itu di Thailand aglo dikenal sebagai Siamese Rainbow atau pelangi dari Thailand.

Di Indonesia, aglaonema terkenal berkat jasa Gregori Garnadi Hambali yang berhasil dengan silangan lagendarisnya yang diberi nama Pride of Sumatera tahun 1985. Pada waktu dirilis, Pride dijual dengan harga RP. 350 ribu per daunnya.

Pencinta aglaonema pun semakin meluas. Di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, harganya sangat mahal, ada yang selembar daunnya mencapai Rp. 10 juta.

Aglaonema sendiri merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki corak maupun bentuk daun yang sangat menarik. Selain mudah perawatannya tanaman ini sangat cocok untuk dikoleksi karena tidak memerlukan lahan yang luas. Kebiasaan hidupnya berada dalam kondisi teduh dengan intensitas matahari sekitar 30 % - 40%. Selain itu tanaman ini tidak terlalu suka akan air namun jangan sampai juga terlalu kering, serta menyukai kondisi yang agak lembab. Saat ini terdapat sekitar 350-an aglaonema hibrida.